Saraswati: Si Gadis Dalam Sunyi

Saraswati: Si Gadis Dalam Sunyi

A.A. Navis / Jun 17, 2019

Saraswati Si Gadis Dalam Sunyi Novel itu merupakan pemenang sayembara penulisan novel yang diselenggarakan UNESCO Ikapi pada tahun Novel itu menceritakan kisah seorang wanita bisu tuli bernama Saraswati yang berusaha untuk men

  • Title: Saraswati: Si Gadis Dalam Sunyi
  • Author: A.A. Navis
  • ISBN: 9789796866809
  • Page: 318
  • Format: Paperback
  • Novel itu merupakan pemenang sayembara penulisan novel yang diselenggarakan UNESCO Ikapi pada tahun 1968 Novel itu menceritakan kisah seorang wanita bisu tuli bernama Saraswati yang berusaha untuk menjadi berarti dalam hidupnya Sebagai orang cacat, ia mendapat berbagai halangan untuk mencapai nilai itu Bukan saja keterbatasannya secara fisik, tetapi juga pandangan manusNovel itu merupakan pemenang sayembara penulisan novel yang diselenggarakan UNESCO Ikapi pada tahun 1968 Novel itu menceritakan kisah seorang wanita bisu tuli bernama Saraswati yang berusaha untuk menjadi berarti dalam hidupnya Sebagai orang cacat, ia mendapat berbagai halangan untuk mencapai nilai itu Bukan saja keterbatasannya secara fisik, tetapi juga pandangan manusia normal yang cenderung meremehkan orang cacat.

    baca kumpulan novel online gratis Dunia Novel Mar , shanti gho mengatakan TELAH HADIR AGEN POKER JAGODOMINO TERPERCAYA DAN TERBAIK DI INDONESIA Proses deposit withdraw mudah cepat aman Dapatkan bonus turnover untuk setiap hari .% .% winor lose Gunung Agung Home Gunung Agung is Indonesia s leading retail chain bookshop providing its customers with a comprehensive range of high quality books and stationery products at a

    • Free Read [Travel Book] ✓ Saraswati: Si Gadis Dalam Sunyi - by A.A. Navis ↠
      318 A.A. Navis
    • thumbnail Title: Free Read [Travel Book] ✓ Saraswati: Si Gadis Dalam Sunyi - by A.A. Navis ↠
      Posted by:A.A. Navis
      Published :2018-011-15T18:36:26+00:00

    About "A.A. Navis"

      • A.A. Navis

        Ali Akbar Navis was a journalist and potential writer He was a full time writer for Sripo and writes so many stories.His famous books was Robohnya Surau Kami which became a monumental work for Indonesian literature His last work is Simarandang a social culture journal which been published on April 2003.A.A Navis passed away at age 79.


    538 Comments

    1. ’Sunyi adalah duniaku.Sunyi adalah nasibku. Sunyi dunia tanpa bunyi, tanpa suara. Segala-galanya sunyi. Bagiku dunia terkembang sama seperti bagimu, Saudaraku. Engkau kenal suka. Aku pun kenal. Engkau tahu pahit dan manis, aku pun tahu. Engkau senang pada yang lembut, benci pada yang kasar, aku pun begitu. Engkau riang pada yang terang, sepi pada yang gelap, aku pun demikian. Tapi duniaku tidak semuanya sama dengan duniamu, Saudaraku. Duniaku adalah sunyi. Engkau tidak akan tahu kenapa duniaku [...]


    2. Saraswati merupakan perempuan bisu tuli yang ditinggal keluarga dalam kecelakaan maut, membuatnya hidup sebatang kara.Hidup sebatang kara membuatnya pergi ke padang panjang bersama bibinya (Anga)Bibi memiliki 2 anak laki-laki bernama Busra dan BisriBisri membuat saras jatuh hati tepat ketika percobaanya dalam mencumbui saras di dapur rumah.Sebagai seorang tentara, bisri jarang datang kerumah, mungkin sebulan sekaliKedatangnya selalu ditunggu saras; saras jatuh hati pada bisriPerang menjadikan se [...]


    3. A.A Navis selalu punya cara untuk menyampaikan sebuah pelajaran hidup. Dalam novel Saraswati ini beliau juga telah sukses menyampaikan berbagai macam pelajaran hidup, terutama pelajaran hidup tentang harapan untuk hidup yang lebih baik, bahkan untuk orang yang cacat sekalipun.Novel ini cukup unik karena menggunakan sudut pandang pertama sebagai orang bisu-tuli. Hampir tidak ada dialog sama sekali dalam novel ini. Ini novel sunyi tanpa suara yang hanya mendeskripsikan gerak dan ekspreksi wajah un [...]


    4. Buku ini seperti menjadi catatan harian atau diary dari seorang gadis tuli dan bisu bernama Saraswati. Kesepian yang dirasakannya karena tuli, sehingga tidak mengerti apa yang terjadi di sekitarnya. Dan kesepian karena bisu, sehingga tidak bisa mengungkapkan apa yang ada dalam hatinya, apa yang dirasakannya. Buku ini juga menceritakan penderitaan-penderitaan yang dirasakannya.Keluarganya meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil. Lalu, dia harus tinggal di sebuah desa di Padang. Di sana, dia menga [...]


    5. Apa jadinya kalo terlahir sudah tuli bisu pula! Itulah yang dirasakan Saraswatiterlahir tak bisa mendengar dan bicara ia juga buta huruftidak punya keahlian makanya selalu dicibir oleh orang-orang. Sedih, namun memotivasi. Meski awalnya rada-rada ilfill sama Saras,tapi lama kelamaan terhanyut juga ke dalam cerita. Apalagi pas patah hati itu Ooohaku ikut merasakan kesedihannya Saras. Terjebak cinta segitiga dengan dua orang pemuda kakak beradik. Hingga akhirnya.nta yang tulus mencintainya adalah [...]


    6. Menceritakan perjalanan kehidupan seorang gadis yang sebatang kara karena ditinggal mati oleh kedua orang tua juga saudara-saudaranya. Gadis yang sejak lahir menjadi seorang yang tuli dan bisu. Dalam segala keterbatasannya Saraswati menghadapi setiap cobaan yang datang dengan tegar meski terkadang sempat berputus asa. Ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari kisah ini, diantaranya kesungguhan hati untuk merubah keadaan agar bisa menjadi manusia yang bermanfaat meski secara fisik kurang. Ten [...]


    7. bercerita tentang Saraswati - si gadis yang hidup dalam kesunyian - tuna wicara. berawal dari kecelakaan lalu lintas yang menimpa keluarganya sehingga Saraswati harus ikut pamannya kembali ke Padang Panjang. di sana dia harus belajar tentang kesunyian, diejek, rasa benci, rasa sayang, rasa cinta, dan pertanyaan apa orang seperti dia tidak berhak untuk bisa jadi seperti orang lain?


    8. "Engkau kenal suka. Aku pun kenal. Engkau tahu pahit dan manis, aku pun tahu. Engkau senang pada yang lembut, benci pada yang kasar, aku pun begitu. Engkau riang pada yang terang, sepi pada yang gelap, aku pun demikian. Tapi duniaku tidak semuanya sama dengan duniamu, Saudaraku. Duniaku adalah sunyi." -A.A. Navis, Saraswati Si Gadis dalam Sunyi


    9. kadang saat dibaca ada rasa kurangnya bersyukur pada diri saras. tapi penuh perjuangan atas apa yang jadi kekurangan menjadi sebuah kelebihan tersendiri. setelah membacanya bisa lebih memahami orang yang mengalami kekurangan fisik


    10. perasaan saraswati mewakili perasaan pembaca. campur aduk saya baca cerita sastra ini. posisi sudut pandang yang sebetulnya sulit dijabarkan, tapi Beliau mampu menyampaikannya dengan baik, sampai airmata saya meleleh.Bagi saya, karya sastra ini sangat tidak menjemukan. Cerita yan. luar biasa. :)


    11. Dibalik kisahnya yg mengalir dengan sederhana tentang kegembiraan dan kemasygulan, berpengharapan dan kegamangan, serta berbagai kegetiran pengalaman demi pengalaman hidup yg terkembang dalam dunia sunyi si gadis bisu dan tuli, membuat saya merasa amat berdosa tak mensyukuri nikmat-Nya.


    12. dapat edisi perdana buku karangan A.A. Navis ini terbitan Pradnja Paramita Jakarta. Novel ini selesai ditulis Navis di Bukittinggi 31 Desember 1968, diberi kata pengantar dari penerbitx Desember 1969, diluncurkan ke pasaran awal tahun 1970


    13. Kebayang gak seeh udah bisu tuli, dikhianati, harus berjuang untuk tetap hidup lantaran perang sodara sebangsa pula. Untunglah dari pahitnya perjalan hidupnya Saraswati akhirnya benar2 tau siapa yang sebenarnya mencintainyaBusra! Bisri mah iisshh brengsek





    14. simple, konsepnya bagus, tapi sangat mendalam. sekaligus misterius dan susah ditebak sih, terutama kisah percintaannya. ceritanya mengalir banget, novel ni top deh


    Leave a Reply